Thursday, December 15, 2011

PEMBANGUNAN MINAPOLITAN TANJUNG PASIR-TELUK NAGA 2012

<>
<="social_icon" href="http://www.radarbanten.com/newversion/metropolis/tangerang/569-kawa"gk_npro_info ta_left">

TANGERANG - Pelabuhan ikan yang akan dijadikan kawasan mina­politan di Banten ditarget terwujud pada 2012 mendatang. Di Kabupaten Tangerang, kawasan yang akan di­jadikan minapolitan ini terdapat di Pelabuhan Ikan Kecamatan Kronjo. Di wilayah ini akan dijadikan pusat kawasan perikanan Indonesia berdasar keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No KEP.41/MEN/2009.
Lima kawasan minapolitan lain yang telah diprogramkan Pemprov Banten tahun ini adalah Pelabuhan Perikanan Nusantara Karangantu dan kawasan budidaya rumput laut Pontang, Kota Serang, Pelabuhan Perikanan Pantai Pandeglang, kawasan budidaya kerang Panimbang, dan kawasan pangkalan pendaratan ikan (PPI) Binuangeun.
Camat Kronjo Didi Ruswandi menga­takan, minapolitan sebagai pengem­bangan budidaya ikan. Apalagi, di wilayah budidaya perikanan sudah cukup bagus. “Di wilayah ini terkenal dengan tambak Ikan Bandeng Kronjo. Bahkan, kualitas Ikan Bandeng Kronjo termasuk unggulan di Ka­bupaten Tangerang dan didis­tri­busikan ke wilayah Muara Angke, Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Karena banyak tambak Bandeng di sini, sehingga diproyeksikan jadi minapolitan,” ungkapnya.
Terpisah, Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mengatakan, tahun ini Pemprov Banten menggenjot program nasional kawasan mina­politan pesisir Banten, mulai dari Tanjung Pasir Kabupaten Tangerang sampai Sawarna di Kabupaten Lebak. Kata Atut, Pemprov Banten akan terus mela­kukan pemberdayaan masyarakat pesisir, dengan menghidupkan potensi ekonomi laut dan pesisir. “Mulai 2012 kawasan pelabuhan perikanan akan menjadi kawasan mina­politan Banten. Di samping itu, juga akan dikem­bangkan perikanan budidaya di wilayah pesisir,” kata Atut, Jumat (17/6).
Ia meyakini, strategi ini tidak hanya akan memacu kesejahteraan masyarakat pesisir yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan, tetapi juga akan mem­percepat laju pembangunan dan peme­rataan perekonomian Banten. Proyek pengembangan kawasan minapolitan Banten ini ditargetkan akan menjadi pilot project bagi sektor kelautan dan perikanan. (riz/man/del)

No comments:

Post a Comment